Facebook

LightBlog

Breaking

Kamis, 09 April 2020

Cara setting domain ke cpanel

Pointing DNS Domain Ke Server Sendiri

Bila Anda ingin mengarahkan domain ke server sendiri, Anda bisa melakukannya menggunakan A record. Bila Anda sudah order domain di Rumahweb Indonesia, Anda bisa melakukan setting pointing DNS domain melalui halaman client area.
Mengarahkan domain ke server itu ada beberapa cara. Bila server Anda memiliki name server, Anda bisa mengarahkan domain ke server tersebut dengan mengubah name server domain. Namun bila server Anda tidak menggunakan name server, untuk mengarahkan domain ke server tersebut bisa dilakukan melalui pointing IP.
Berikut ini langkah-langkah untuk mengarahkan domain ke server Anda menggunakan IP .
1.  Silakan login terlebih dahulu kehalaman clientzone.rumahweb.com
2.  Klik menu “Domains” > “List Domain Saya” > klik “Active” > “DNS Management” > klik START hingga tidak ada tombol start/update lagi.
Lanjutkan dengan klik menu  “Add New Record”.
klik update di managed dns
* * Dengan klik tombol “UPDATE” yang ada dimenu DNS Management seperti tampilan diatas, nameserver domain Anda otomatis akan menyesuaikan, sehingga tidak perlu mengubah nameserver domain lagi. Secara otomatis nameserver domainnya akan berubah menjadi :
nsid1.rumahweb.com
nsid2.rumahweb.net
nsid3.rumahweb.biz
nsid4.rumahweb.org
3. Sebagai contoh, record yang akan dibuat adaakudisini.xyz ke VPS IP 103.247.8.148 Buat empat record dengan masing-masing sebagai berikut:
A record domain adaakudisini.xyz 103.247.8.148
add new record
add new record - setting dns ke vps 1
4. Setting CNAME Alias record www.adaakudisini.xyz 103.247.8.148
add new record - setting dns ke vps 2
5. Setting rekursive A record *.adaakudisini.xyz  103.247.8.148
add new record - setting dns ke vps 3
6. Setting MX record ke IP 103.247.8.148 untuk mengarahkan email.
add new record - setting dns ke vps 4
Setelah setting dns selesai dilakukan, domain akan mengarah ke server Anda antara 1-24 jam kemudian. Proses lama propagasi tergantung dari berapa lama penyedia layanan internet yang digunakan menyimpan informasi DNS pada cache, oleh sebab itu proses propagasi setiap provider internet berbeda-beda.
Demikian panduan mengarahkan domain ke server sendiri. Apabila ada pertanyaan mengenai setting ini, Anda bisa menghubungi support teknis kami untuk dibantu pengecekannya.


Sumber : Rumahwab.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox